BPM LIFECYCLE

Praktek manajemen BPM dapat dicirikan sebagai siklus hidup terus menerus dalam kegiatan BPM yang terintegrasi. Sementara beberapa variasi BPM siklus hidup yang diakui ialah siklus hidup yang paling dapat diringkas, bertahap dan berulang termasuk :

  • Perencanaan
  • Analisis
  • Desain dan Modeling
  • Implementasi
  • Pemantauan dan Pengendalian
  • Penyempitan

 

Perencanaan dan Strategi

Dalam model ini siklus hidup BPM dimulai dengan mengembangkan strategi proses untuk merencanakan organisasi. Rencana tersebut dimulai dengan pemahaman tentang organisasi, strategi dan tujuan yang dirancang untuk memastikan nilai yang menarik bagi pelanggan. Fase ini merupakan tahap strategi dan arah untuk Proses BPM. Rencana tersebut dimulai dengan pemahaman tentang strategi organisasi dan tujuan yang dirancang untuk memastikan nilai yang menarik bagi pelanggan. Program ini memberikan struktur dan arah untuk manajemen proses customer centric lanjutan untuk memastikan keselarasan dengan strategi organisasi dan integrasi strategi, orang, proses, dan sistem melintasi batas-batas fungsional. Fase ini mengidentifikasi peran dan tanggung jawab organisasi, sponsor eksekutif, tujuan, dan diharapkan langkah-langkah kinerja dan metodologi. Jika kegiatan transformasi yang signifikan diharapkan terjadi, perubahan organisasi dalam strategi manajemen diperiksa.

 

Proses Analisis

Analisis proses bisnis menggabungkan beberapa metodologi dengan tujuan memahami proses organisasi dalam konteks tujuan yang diinginkan. Analisis asimilasi informasi dari rencana strategis, model proses, pengukuran kinerja, perubahan lingkungan, dan faktor-faktor lain untuk sepenuhnya memahami proses bisnis dalam konteks organisasi secara keseluruhan.

 

Proses Desain

Desain mendefinisikan organisasi ingin proses untuk menjadi dan menjawab apa, kapan, di mana, siapa dan bagaimana pertanyaan-pertanyaan tentang bagaimana end-to-end dilakukan dengan tujuan untuk memberikan nilai kepada pelanggan. Urutan kegiatan, termasuk desain pekerjaan apa yang dilakukan, pada waktu apa, dalam apa lokasi, dengan apa proses pelaku menggunakan apa metodologi didokumentasikan. Salah satu komponen penting dari desain juga memastikan bahwa kontrol manajemen yang tepat dan metrik berada di tempat untuk kepatuhan dan pengukuran kinerja.Kegiatan desain proses berfokus pada disengaja , desain bijaksana tentang bagaimana end-to -end. Salah satu komponen penting dari desain juga memastikan bahwa kontrol manajemen yang tepat dan metrik berada di tempat untuk pengukuran kinerja .

 

Proses Modeling

Pendokumentasian seluruh proses end-to–end proses bisnis. Memahami proses biasanya melibatkan proses pemodelan dan penilaian terhadap faktor-faktor lingkungan yang memungkinkan dan membatasi proses. Membuat berbagai skenario simulasi untuk untuk menguji performansi sebuah proses pada berbagai kondisi yang berbeda.

 

Proses Mengukur dan Pemantauan

Pengukuran dan pemantauan proses bisnis terus menerus memberikan informasi yang diperlukan bagi manajer proses untuk menyesuaikan sumber daya dalam memenuhi proses tujuan. Dalam konteks siklus hidup BPM, pengukuran dan pemantauan juga menyediakan informasi kinerja proses kritis melalui pengukuran kunci yang terkait dengan tujuan dan nilai bagi organisasi. Analisis informasi kinerja proses dapat menghasilkan perbaikan, mendesain ulang atau rekayasa ulang mengaktifkan .

 

Proses Transformasi

Transformasi proses menerapkan output dari analisis berulang dan siklus desain. Membahas tantangan manajemen perubahan organisasi untuk terus menerus melakukan perbaikan dan optimasi proses. Proses Optimasl ialah mencapai tujuan yang telah ditetapkan baik dari segi efisiensi dan efektivitas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *