Konsep Dasar Bisnis Proses Manajemen (BPM)

Membangun suatu perusahaan haruslah memiliki beberapa konsep manajemen yang salah satunya adalah Proses Manajemen Bisnis. Namun sebelum kita mempelajari Proses Manajemen Bisnis lebih jauh mari kita pelajari konsep dasar Bisnis Proses Manajemen tersebut.

Pengertian Bisnis Proses Manajemen (BPM)

Secara bahasa, BPM terdiri dari tiga kata yaitu Bisnis, Proses dan Manajemen. jika diartikan masing-masing :

Bisnis = suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. (Wikipedia).

Proses =  urutan pelaksanaan atau kejadian yang terjadi secara alami atau didesain, mungkin menggunakan waktu, ruang, keahlian atau sumber daya lainnya, yang menghasilkan suatu hasil. (Wikipedia)

Manajemen = sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. ( Ricky W. Griffin – Wikipedia)

Jadi apa itu Bisnis Proses Manajemen (BPM) itu??

Jika kita lihat dari sumber wikipedia tertuliskan bahwa  Business process management (“manajamen proses bisnis”), disingkat BPM, adalah suatu metode penyelarasan secara efisien suatu organisasi dengan keinginan dan kebutuhan organisasi tersebut.

Dari sumber buku Association of Business Process Management Professionals (ABPMP) – Version 2.0 tertuliskan bahwa “(BPM) is a disciplined approach to identify, design, execute, document, measure, monitor, and control both automated and non-automated business processes to achieve consistent, targeted results aligned with an organization’s strategic goals.” yang artinya (BPM) adalah pendekatan disiplin untuk mengidentifikasi, desain, melaksanakan, dokumen, mengukur, memantau, dan mengendalikan kedua proses bisnis otomatis dan non-otomatis untuk mencapai konsisten, hasil yang ditargetkan sesuai dengan tujuan strategis organisasi.

Jadi, BPM menyangkut segala aspek di beberapa bidang suatu perusahaan. Mulai dari proses produksi, pengiriman, penjualan, SOP dan lain sebagainya harus tetap diatur dan selalu terpantau laporannya.

 

Konsep Inti dari BPM

Ada sejumlah fundamental, konsep inti yang menentukan BPM, yaitu :

  • BPM adalah disiplin manajemen dan satu set memungkinkan teknologi
  • BPM alamat end-to-end kerja dan membedakan antara set subproses, tugas, kegiatan dan fungsi
  • BPM adalah terus menerus, set berkelanjutan proses berfokus pada pengelolaan sebuah organisasi end-to-end proses bisnis
  • BPM meliputi pemodelan, analisis, desain dan pengukuran proses bisnis organisasi
  • BPM memerlukan komitmen organisasi yang signifikan, sering memperkenalkan peran baru, tanggung jawab, dan struktur untuk organisasi yang berorientasi fungsional tradisional
  • BPM adalah teknologi diaktifkan dengan alat untuk pemodelan visual, simulasi, otomatisasi, integrasi, kontrol dan pemantauan proses bisnis dan sistem informasi yang mendukung proses ini

 

Mungkin cukup sekian penjelasan dari saya. Untuk pembelajaran selanjutnya di post selanjutnya.

Salam Aminnur (^_^)

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *